airtronicfirearms.com

Bukan Sepanjang Bulu Sikat, Ini Takaran Pasta Gigi untuk Cegah Gigi Berlubang

Ilustrasi pasta gigi. Takaran pasta gigi yang tepat.
Lihat Foto

Menggosok gigi menggunakan pasta gigi secara rutin dipercaya dapat membantu menjaga kesehatan gigi dan mulut.

Dengan menyikat gigi secara teratur setiap hari, gigi dan mulut menjadi lebih bersih, sehingga terhindar dari masalah termasuk karang gigi.

Kendati demikian, tidak semua orang memahami takaran pasta gigi yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan gigi.

Sebagian besar orang dewasa lebih sering menuangkan pasta gigi hingga memenuhi bulu sikat.

Selain memberikan aroma napas segar, pasta gigi berbagai merek biasanya menawarkan fungsi seperti mencegah gigi berlubang atau memutihkan gigi kuning.

Lantas, berapa takaran pasta gigi yang diperlukan saat menyikat?

Baca juga: Sikat Gigi Pakai Campuran Odol dan Garam Disebut Ampuh Putihkan Gigi, Ini Kata Dokter


Takaran pasta gigi yang tepat

Dokter gigi sekaligus Pengurus Besar Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI), Paulus Januar mengatakan, takaran pasta gigi yang dianjurkan adalah sebesar biji kacang polong (pea sized) atau sekitar 0,25 gram.

Anjuran penggunaan pasta gigi ini awalnya dikemukakan berdasarkan penelitian Persatuan Dokter Gigi Amerika Serikat (ADA).

"Selanjutnya, kemudian hal ini merupakan anjuran yang dianut secara umum," kata Paulus, sata dihubungi , Senin (10/6/2024).

Sementara itu, Paulus melanjutkan, takaran pasta gigi untuk anak di bawah usia 3 tahun harus kembali disesuaikan, yakni lebih sedikit dari biji kacang polong.

Baca juga: Kerap Menimbulkan Rasa Sakit, Apakah Gigi Bungsu Harus Dicabut?

Ketentuan tersebut sebagaimana dianjurkan oleh Persatuan Dokter Gigi Spesialis Anak Amerika Serikat (AAPD).

"Terutama pada anak-anak, perlu diperhatikan agar jangan terlalu banyak menggunakan pasta gigi karena dapat menyebabkan tertelan," sambungnya.

Menurut Paulus, menggunakan pasta gigi dalam jumlah yang tepat penting untuk menghasilkan jaringan gigi dan mulut yang bersih dan sehat.

Jaringan gigi dan mulut yang bersih artinya mengurangi risiko terkena karang gigi maupun penyakit, seperti karies gigi (gigi berlubang), penyakit radang jaringan penyangga gigi (periodontitis), dan radang gusi (gingivitis).

Baca juga: 8 Perawatan Gigi yang Ditanggung BPJS Kesehatan 2024, Termasuk Scaling

Pasta gigi mengandung bahan abrasif yang membantu meningkatkan kemampuan sikat dalam membersihkan jaringan gigi dan mulut.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat