airtronicfirearms.com

Detik-detik Mobil Seret Pompa Pertalite di SPBU Cilegon hingga Berakibat Kebakaran

SPBU di Cilegon terbakar saat selang pompa Pertaliter tertarik mobil.
Lihat Foto

- Unggahan video yang menampilkan detik-detik SPBU di Cilegon, Jawa Barat, terbakar beredar di media sosial, Senin (10/6/2024).

Dalam video itu, tampak pompa Pertalite terseret mobil yang tengah mengisi bahan bakar minyak (BBM). Akibatnya, dispenser SBPU ambruk dan memicu kobaran api.

Seorang petugas SPBU segera berlari untuk mengejar pengemudi agar menghentikan mobilnya. Sementara itu, seorang pria lainnya membawa alat pemadam api ringan atau APAR untuk memadamkan api yang semakin membesar.

"Selang Pengisi Bahan Bakar Tertarik Mobil, SPBU di Cibeber Cilegon Terbakar," tulis @memomedsos, Senin.

Lantas, bagaimana kronologi kejadian tersebut?

Baca juga: Mantan Wakil Bendahara TKN Prabowo-Gibran, Simon Aloysius Jadi Komisaris Utama Pertamina

Kronologi SPBU di Cilegon terbakar

Pjs. Area Manager Communication, Relations & CSR Regional Jawa Bagian Barat PT Pertamina Patra Niaga Muslim Dharmawan mengonfirmasi adanya insiden dalam video tersebut.

Peristiwa SPBU terbakar itu terjadi di SPBU 34.42405 yang berlokasi di Jalan Ahmad Yani Kelurahan Kedaleman, Kecamatan Cibeber, Kota Cilegon, Banten, pada Senin (10/6/2024) pukul 15.06 WIB.

Menurutnya, insiden itu terjadi karena pompa Pertalite tertarik mobil yang tengah mengisi BBM.

"Konsumen langsung pergi menjalankan kendaraan setelah melakukan pembayaran saat proses pengisian BBM masih berjalan," ucapnya saat dikonfirmasi , Selasa (11/6/2024).

Beruntung, api berhasil dipadamkan selang beberapa menit kemudian.

Baca juga: Inilah Alasan Harga BBM dan Tarif Listrik Juni Masih Sama dengan Mei 2024

Ia memastikan tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut.

"Saat ini, SPBU stop operasional menunggu hasil pengecekan HSSE (Health, Safety, Security, & Environment), penggantian dan perbaikan kembali serta dalam penanganan lebih lanjut oleh pihak Kepolisian," kata Muslim.

Muslim memastikan insiden tersebut tidak mengganggu ketersediaan BBM bagi masyarakat yang tinggal di wilayah Kota Cilegon, Banten.

Meski SPBU yang terbakar operasionalnya ditutup sementara waktu, masyarakat tetap bisa mengisi BBM di SPBU terdekat, seperti SPBU 34.42401 (3 km dari lokasi), SPBU 34.42407 (10 km dari lokasi), dan SPBU 34.42101 (1 km dari lokasi).

"Pertamina mengimbau agar masyarakat selalu berhati-hati dalam mengendarai kendaraannya," tutur Muslim.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat