airtronicfirearms.com

Upacara 17 Agustus Digelar di Dua Lokasi, Kok Bisa? Ini Kata Jokowi

Ilustrasi IKN.
Lihat Foto

- Pemerintah membagi dua titik upacara peringatan hari kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 2024 mendatang di Ibu Kota Nusantara (IKN) dan Jakarta.

Adapun upacara 17 Agustus di IKN sekaligus menjadi upacara terakhir Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjabat sebagai presiden Indonesia.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menyampaikan, upacara 17 Agustus di IKN akan dipimpin langsung oleh Presiden Jokowi dan presiden terpilih 2024-2029 Prabowo Subianto.

Sementara itu, upacara 17 Agustus yang digelar di Istana Kepresidenan, Jakarta akan dipimpin oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin, didampingi wakil presiden terpilih 2024-2029 Gibran Rakabuming Raka.

Tak hanya itu, upacara 17 Agustus tahun ini juga tercatat sebagai sejarah lantaran menjadi upacara pertama yang digelar di dua tempat berbeda.

"Iya (skenarionya di dua tempat), sebagian di IKN sebagian di sini (Istana Jakarta)," kata Muhadjir, dikutip dari , Senin (10/6/2024).

Lantas, apa alasan diadakannya upacara 17 Agustus di dua lokasi tersebut?

Baca juga: Selain Kepala Otorita Mundur, Berikut 5 Sorotan soal Pembangunan IKN


Alasan Jokowi gelar upacara 17 Agustus di dua lokasi

Di sisi lain, Presiden Jokowi mengungkapkan alasan di balik pelaksanaan upacara 17 Agustus 2024 yang dilakukan di dua lokasi tersebut.

Menurut Jokowi, keputusan tersebut diambil karena saat ini Indonesia masih dalam masa transisi pemindahan ibu kota dari Jakarta ke IKN.

"Ini kan masa transisi ya, masa transisi dari Jakarta menuju ke IKN agar ada perjalanan menuju pindahnya itu kelihatan. Jadi di sini (Istana Kepresidenan) tetap dilakukan, di sana (IKN) tetap dilakukan," kata Jokowi, dilansir dari Kompas TV, Selasa (11/6/2024).

"Nah, tahun depan kalau sudah ada keppres mengenai perpindahan baru di IKN saja. Termasuk urusan terkait mobilisasi, transportasi itu tidak mudah,” imbuhnya.

Selain itu, Jokowi mengatakan bahwa persiapan upacara 17 Agustus di IKN sudah hampir selesai.

Baca juga: Teknologi Geospasial untuk Kota Cerdas IKN

Dihadiri sejumlah tokoh

Menurutnya, sejauh ini tidak ada masalah terkait rencana pelaksanaan 17 Agustus di IKN.

Jokowi juga memastikan bahwa sekitar pertengahan Juli 2024, pembangunan di IKN sudah siap untuk upacara 17 Agustus.

"Untuk persiapan 17-an sudah hampir final, enggak ada masalah di lapangan," kata Jokowi usai meninjau lokasi lapangan upacara di IKN, dalam YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (5/6/2024).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat