airtronicfirearms.com

Ahli Ungkap Alasan Beruang dan Harimau di India Urung Berkelahi meski Sudah Ancang-ancang

Tangkapan layar unggahan video yang merekam beruang dan harimau betina mengurungkan niat bertarung saat berpapasan
Lihat Foto

Pengunjung cagar alam di India baru-baru ini menyaksikan pemandangan langka saat seekor beruang dan harimau betina saling berhadapan.

Kejadian yang terekam dan tersebar di media sosial ini menampilkan dua hewan kelas berat itu berpapasan dan hampir terlibat pertarungan.

Uniknya, saat beruang berlari seolah ingin menerjang harimau betina yang langsung bersiap, keduanya mengurungkan niat untuk berkelahi.

Baca juga: Peneliti BRIN Temukan DNA Harimau Jawa yang Punah 2003


Kronologi beruang dan harimau bertemu

Diberitakan NDTV, Senin (6/5/2024), momen tersebut terjadi di Suaka Harimau Pilibhit di Uttar Pradesh, India, pada 30 April 2024.

Insiden pertarungan yang batal itu melibatkan seekor harimau betina (Panthera tigris) dan seekor beruang kungkang (Melursus ursinus).

Bermula dari harimau yang berjalan santai dan menghentikan langkahnya ketika seekor beruang muncul dari pepohonan.

Beruang itu berkeliaran di seberang jalan dan menghilang di balik rerumputan tinggi saat harimau betina mengawasi.

Beberapa saat kemudian, saat harimau betina berjalan, beruang tiba-tiba muncul dan hendak menerkam harimau. Namun, tak ada kelanjutan dari konfrontasi yang terjadi.

"Pemandangan beruang yang paling langka menyerbu ke arah harimau betina, direkam hari ini (30 April 2024) di Suaka Harimau Pilibhit," kata pensiunan pejabat di Layanan Administratif India (IAS), Rajiv Kumar Gupta.

Baca juga: Kronologi dan Dugaan Penyebab Harimau Berkeliaran di Jalanan Lampung

Predator puncak saling menghormati

Pakar ekologi dan konservasi di University of Surrey, Inggris, Tara Pirie mengatakan, predator puncak biasanya saling menghormati satu sama lain, terutama jika memiliki ukuran tubuh sama.

"Harimau meluangkan waktu untuk mengamati beruang tersebut, mengukurnya semaksimal mungkin agar dapat lebih memahaminya," kata Pirie, dikutip dari Live Science, Jumat (7/6/2024).

Beruang yang awalnya tidak menunjukkan perilaku agresif membuat harimau mengira dia cukup besar untuk bertahan jika terjadi pertarungan.

Predator dengan kekuatan dan ukuran yang sama, menurut Pirie, cenderung menghindari perkelahian yang tidak perlu.

Pasalnya, perkelahian hanya membuang-buang energi dan membuat kedua belah pihak berisiko cedera.

Baca juga: Ramai Jadi Perbincangan, Mengapa Raja Hutan Itu Singa dan Bukan Harimau?

Harimau dan beruang enggan berkelahi

Terpisah, Profesor di ICBM School of Business Excellence, Hyderabad, India, Jitender Govindani menyampaikan, harimau dan beruang kemungkinan tidak tertarik bertarung.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat