airtronicfirearms.com

Kronologi Pesawat Wakil Presiden Malawi Hilang saat Berencana Hadiri Pemakaman

Wakil Presiden Malawi Saulos Chilima.
Lihat Foto

Saulos Chilima (kiri) ketika turun dari pesawat terbang.Tangkapan layar via The Guardian Saulos Chilima (kiri) ketika turun dari pesawat terbang.
Wakil Presiden Malawi Saulos Chilima.X Wakil Presiden Malawi Saulos Chilima.

- Pesawat yang membawa Wakil Presiden (Wapres) Malawi Saulos Chilima bersama sembilan penumpang lainnya dinyatakan hilang, pada Senin (10/6/2024).

Dilansir dari BBC, Selasa (11/6/2024), Presiden Malawi Lazarus Chakwera mengatakan, operasi pencarian dan penyelamatan masih berlanjut sampai Chilima ditemukan.

“Kami semua takut dan prihatin. Tetapi saya ingin meyakinkan, saya akan menggunakan seluruh sumber daya yang ada untuk menemukan pesawat itu. Saya memegang setiap harapan bahwa kami akan menemukan korban yang selamat,” kata Lazarus.

Lantas, bagaimana kronologi pesawat Wapres Malawi hilang? Berikut penjelasan resmi dari perwakilan Kantor Presiden Malawi.

Baca juga: Kenapa Pintu Pesawat Berada di Sisi Kiri? Ini Sejarah dan Alasannya

Kronologi pesawat Wapres Malawi

Pesawat yang ditumpangi Chilima merupakan milik Angkatan Pertahanan Malawi. Negara ini terletak di Afrika bagian tenggara.

Pesawat Chilima mulanya terbang dari ibu kota Malawi, Lilongwe, pada Senin (10/6/2024), pukul 09.17 waktu setempat.

Pesawat yang mengangkut Chilima seharusnya tiba di Bandara Internasional Mzuzu, yang terletak di bagian utara Malawi tepat setelah pukul 10.00 waktu setempat.

Chilima terbang ke Mzuzu untuk menghadiri pemakaman mantan menteri kabinet Ralph Kasambara yang meninggal tiga hari yang lalu.

Mzuzu menjadi lokasi pendaratan pesawat Chilima karena lokasi ini paling dekat dengan tempat pemakaman Ralph.

Hilangnya pesawat yang ditumpangi Chilima kali pertama dilaporkan Panglima Angkatan Bersenjata Malawi Jenderal Valentino Phiri kepada Chakwera.

Menteri Informasi Malawi, Moses Kunkuyu, mengatakan bahwa upaya pencarian terhadap Chilima sedang dilakukan secara intensif.

Baca juga: Kasus Kecelakaan akibat Turbulensi Pesawat Kian Meningkat karena Perubahan Iklim, Kok Bisa?

Mantan ibu negara Malawi turut hilang

Salah satu penumpang yang berada dalam pesawat yang ditumpangi Chilima adalah mantan Ibu Negara Shanil Dzimbiri.

Diberitakan oleh Kompas.id, Selasa (11/6/2024), Chakwera menjelaskan, pesawat yang ditumpangi Chilima sempat mengubah haluan (turn around) karena cuaca buruk dan terbatasnya jarak pandang.

Tidak lama kemudian, pesawat tersebut hilang dari radar dengan lokasi terakhir di 10 kilometer dari perkebunan pinus di perkebunan.

Tentara Malawi yang ditugaskan untuk mencari keberadaan pesawat Chilima melakukan pencarian di hutan belantara yang terletak di utara Malawi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat