airtronicfirearms.com

Ramai soal Cairan Infus Dijadikan Toner, Amankah untuk Wajah? Ini Kata Dokter

Ilustrasi tabung infus
Lihat Foto

- Sebuah tangkapan layar yang memperlihatkan seorang warganet menggunakan cairan infus sebagai toner untuk membersihkan wajah, viral di media sosial.

Unggahan tersebut diunggah ulang di X (Twitter) oleh akun @Tanyarl pada Senin (8/7/2024). 

“emng boleh ya infus dibuat toner??,” tulis pengunggah.

Hingga Kamis (11/7/2024), tayangan tersebut telah dilihat hampir 4 juta kali, disukai lebih dari 19 ribu akun, dan menuai ratusan komentar dari sejumlah warganet yang mempertanyakan dan meragukan keamanannya.

Lantas, amankah menggunakan cairan infus sebagai toner?

Baca juga: Penyebab dan Cara Mengatasi Kulit Wajah Bertekstur atau “Chicken Skin”


Cairan infus dijadikan toner wajah

Menurut dokter spesialis kulit dan kelamin RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo, Ismiralda Oke Putranti, penggunaan cairan infus sebagai toner aman asalkan tidak terkontaminasi.

“100 persen aman karena steril, yang membuat tidak steril kalau sudah terlanjur dibuka. Harus ada penutup khusus untuk menjaga kesterilannya,” jelasnya kepada , Selasa (9/7/2024).

Senada dengan Ismiralda, dokter dari Departemen Dermatologi dan Venereologi Universitas Gadjah Mada (UGM) Agnes Rosarina Prita Sari juga mengatakan cairan infus boleh diaplikasikan ke kulit wajah, tetapi hanya infus berjenis NaCL 0,9 persen.

Untuk diketahui, infus dibagi menjadi dua jenis, yaitu NaCl 0,9 persen dan ringer laktat. Keduanya mengandung bahan yang berbeda.

Infus NaCl hanya terdiri dari campuran air dan natrium klorida. Sementara, infus ringer laktat mengandung lebih banyak bahan, di antaranya natrium klorida, natrium laktat, dan kalsium klorida.

Agnes Rosarina mengatakan, sejatinya penggunaaan infus adalah untuk mengganti cairan tubuh yang hilang agar tetap terhidrasi, layaknya air. Oleh karena itu, cairan infus tidak berbeda dengan air bersih, hanya saja lebih steril.

Sedangkan penggunaan infus ke wajah tidak akan memberikan dampak yang signifikan selain membersihkan kulit.

Ia mengimbau, sebelum menggunakan infus untuk perawatan wajah, sebaiknya perlu konsultasi terlebih dahulu ke dokter untuk mengurangi risiko iritasi.

“Penggunaan NaCl disesuaikan kondisi kulit, harus ke dokter untuk melihat apakah kering, oily, normal, atau sensitif,” imbuhnya.

Baca juga: Bolehkah Jerawat Batu Dipencet? Ini Saran dari Dokter

Manfaat cairan NaCl

Tidak banyak sumber terverifikasi yang menyebutkan manfaat penggunaan natrium klorida (NaCl) untuk perawatan kulit wajah.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat