airtronicfirearms.com

Kisah Mansa Musa, Orang Terkaya Sepanjang Sejarah, Hartanya Kalahkan Elon Musk

Ilustrasi Raja Mali, Mansa Musa.
Lihat Foto

- Banyak orang mengenal Elon Musk dan Jeff Bezos sebagai orang terkaya di dunia pada zaman modern. Namun, orang terkaya sepanjang sejarah adalah Mansa Musa.

Anggapan orang yang hidup di zaman modern memang tidak sepenuhnya keliru. Dilansir dari Forbes, Rabu (10/7/2024), kekayaan Musk mencapai 257,7 miliar dollar AS atau Rp 4.179 triliun, sementara kekayaan Bezos mencapai 215,9 miliar dollar AS atau Rp 3.502 triliun.

Namun, kekayaan dua pebisnis top asal Amerika Serikat (AS) tersebut belum ada apa-apanya jika dibandingkan dengan Mansa Musa, Raja Mali yang hidup pada 1280-1337 silam.

Laman Celebrity Net Worth memperkirakan kekayaan Musa mencapai 400 miliar dollar AS atau sekitar Rp 6.480 triliun, berdasarkan perhitungan uang saat ini.

Tetapi, para sejarawan meyakini, kekayaan Musa tak dapat dinilai dengan uang karena harta Raja Mali ini begitu melimpah. Karena alasan inilah Musa dijuluki sebagai orang terkaya sepanjang sejarah.

Baca juga: Misteri Pedang Legendaris Perancis 1.300 Tahun Tiba-tiba Hilang Usai Tertancap di Batu

Profil Mansa Musa

Dilansir dari BBC, Minggu (10/3/2019), Musa lahir pada 1280 dari keluarga penguasa.

Ia mempunyai saudara bernama Mansa Abu Bakr yang memerintah Kerajaan Mali hingga 1312.

Abu Bakr turun takhta lebih awal karena ia memimpin ekspedisi menjelajahi Samudera Atlantik.

Ekspedisi tersebut dilakoni oleh Abu Bakr karena ia terobsesi dengan Samudera Atlantik dan penasaran dengan apa saja yang ada di lautan luas ini.

Mendiang sejarawan AS, Ivan Van Sertima, berpendapat bahwa Abu Bakr bersama rombongannya telah mencapai Amerika Selatan. Tapi tidak ada bukti tentang hal ini.

Setelah Abu Bakr turun takhta, Musa secara otomatis mewarisi kerajaan yang ditinggalkan oleh saudaranya.

Di bawah pemerintahannya, Kerajaan Mali tumbuh secara signifikan. Ia juga mencaplok 24 kota, termasuk Timbuktu.

Baca juga: Manusia Purba Sudah Menciptakan Pakaian Dalam sejak 40.000 Tahun Lalu

Kerajaan tersebut membentang sekitar 2.000 mil atau sekitar 3.218 kilometer dari Samudera Atlantik sampai ke Niger modern.

Wilayahnya kekuasannya mencakup daerah yang sekarang disebut Senegal, Mauritania, Mali, Burkina Faso, Niger, Gambia, Guinea-Bissau, Guinea, dan Pantai Gading.

Dengan luas daratan yang begitu besar, muncullah sumber daya yang luar biasa, seperti emas dan garam.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat