airtronicfirearms.com

Laman Pengumuman UM Undip Disebut Sempat Diretas, Ini Penjelasan Kampus

Tangkapan layar unggahan X yang memuat sejumlah peserta UM Undip mengaku dinyatakan lolos pada prodi bernama nyeleneh, seperti S1-Teknik Ping Pong dan S1-Cek Khodam.
Lihat Foto

Lini masa media sosial ramai memperbincangkan dugaan situs Ujian Mandiri (UM) Universitas Diponegoro (Undip) 2024 diretas oleh orang tak bertanggung jawab.

Dugaan terkena hack tersebut mencuat saat peserta mengakses hasil pengumuman seleksi mandiri di perguruan tinggi negeri di Semarang, Jawa Tengah ini.

Beberapa peserta mengaku dinyatakan lolos pada program studi (prodi) dengan nama nyeleneh dan tak ada dalam daftar jurusan Undip.

Misalnya, akun X @sbmptnfess mengungkapkan, peserta diterima pada prodi S1-Horas Bah, S1-Teknik Ping Pong, S1-Panjat Pinang, dan S1-Cek Khodam.

"WOI PLEASE NGAKAK INI UNDIP KENAPA RANDOM AMAT," tulis pengunggah, Kamis (11/7/2024) pagi.

Lantas, benarkah situs UM Undip terkena peretasan hingga menyebabkan hasil pengumuman berubah nama?

Baca juga: Pengumuman UM Undip 2024 Hari Ini Pukul 15.00 WIB, Klik Pendaftaran.undip.ac.id


Penjelasan Universitas Diponegoro

Saat dihubungi, Undip membenarkan situs pendaftaran.undip.ac.id untuk mengakses pengumuman seleksi mandiri mendapat gangguan dari "pihak eksternal".

Wakil Rektor Akademik dan Kemahasiswaan Undip, Heru Susanto mengatakan, gangguan tersebut diperkirakan terjadi pada Kamis (11/7/2024) pukul 02.00 WIB.

"Laman mendapatkan gangguan dari pihak eksternal yang mengubah nama program studi yang telah diunggah," ujarnya dalam keterangan yang diterima , Kamis.

Namun, pihak Undip tidak menjelaskan lebih lanjut apakah gangguan dari eksternal yang dimaksud merupakan peretasan.

Dia juga tidak merinci penyebab perubahan nama-nama program studi menjadi nyeleneh yang tercantum dalam situs pengumuman.

Baca juga: Rincian UKT UIN Jakarta Jalur Mandiri 2024, Daftar Ulang di admisi.uinjkt.ac.id

Tak pengaruhi hasil pengumuman

Heru hanya meminta seluruh peserta seleksi ujian mandiri reguler Undip untuk tidak panik karena tidak ada perubahan hasil seleksi.

Menurut dia, peserta yang dinyatakan lolos telah ditetapkan oleh Rektor Universitas Diponegoro melalui Pengumuman Nomor 74/UN7.A/AK/2024.

Pengumuman tersebut juga telah terdokumentasi dengan baik dalam bentuk cetak yang disimpan oleh Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru Undip.

"Pengumuman telah diunggah di laman pendaftaran.undip.ac.id pada tanggal 10 Juli 2024 pukul 23.00 WIB yang dapat diakses oleh seluruh peserta," kata Heru.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat