airtronicfirearms.com

5 Tips Menentukan Siklus Pencucian Terbaik

Ilustrasi mencuci pakaian di mesin cuci.
Lihat Foto

JAKARTA, - Mencuci pakaian merupakan bentuk perawatan pakaian yang paling mudah. Meski mudah, masih banyak yang melakukan kesalahan saat mencuci pakaian, terutama dalam hal menentukan siklus pencucian

Jika mencuci pakaian di mesin cuci, maka ada beberapa pilihan siklus pencucian yang dapat disesuaikan dengan jenis pakaian yang dicuci. 

Baca juga: Catat, Ini Waktu Terbaik Mencuci Pakaian Berdasarkan Jenisnya

Salah memilih siklus pencucian bisa menyebabkan pakaian rusak. Maka dari itu, penting untuk menentukan siklus pencucian yang tepat. 

Dikutip dari Real Simple, Sabtu (4/5/2024), berikut ini tips menentukan siklus pencucian terbaik yang dapat diikuti. 

Baca label pada pakaian

ilustrasi mencuci pakaian sutra di mesin cuciShutterstock/Zenzeta ilustrasi mencuci pakaian sutra di mesin cuci

Langkah pertama yang perlu dilakukan sebelum mencuci pakaian yaitu membaca label petunjuk pada pakaian tersebut. 

Pada label pakaian biasanya terdapat informasi seputar cara perawatan, termasuk perihal siklus pencucian yang tepat.

Baca juga: 7 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Mencuci Pakaian

Jika petunjuk perawatan pakaian sulit dibaca, maka cobalah untuk mencari informasi cara perawatan di web milik brand pakaian tersebut.

Menggunakan siklus pencucian normal

Selanjutnya, tips menentukan siklus pencucian terbaik yaitu menggunakan siklus normal untuk sebagian besar pakaian di rumah. 

Pakaian yang biasa digunakan di rumah seperti kaus, piyama, hingga handuk dan kaus kaki lebih baik dicuci dengan siklus normal agar tidak rusak. 

Namun, disesuaikan juga dengan jenis mesin cuci yang digunakan. Biasanya, mesin cuci model terbaru sudah dilengkapi dengan siklus kapas, sehingga untuk mencuci pakaian sehari-hari bisa menggunakan siklus spesifik untuk pakaian atau linen. 

Baca juga: Bikin Rusak, Ini 3 Kesalahan Mencuci Pakaian yang Sering Dilakukan

Mencuci menggunakan siklus air dingin

Mencuci pakaian dengan air dingin bukanlah sebuah kesalahan. Cara ini tidak terlalu membebani pakaian dan tidak akan membuat tagihan listrik membengkak. 

Lindsay Driz salah satu pendiri L’Avant Collective, bahkan air dingin cocok untuk mencuci pakaian berbahan lembut dan mudah menyusut, seperti wol, rajutan, dan bahan halus lainnya. 

Air dingin tidak akan merusak serat pada pakaian tersebut, sehingga pakaian bisa lebih tahan lama. 

Memilih siklus pra-pencucian untuk pakaian tertentu

Ilustrasi mencuci baju hitam menggunakan mesin cuciShutterstock/Africa Studio Ilustrasi mencuci baju hitam menggunakan mesin cuci

Berikutnya, tips menentukan siklus pencucian terbaik yaitu dengan mempertimbangkan siklus pra-pencucian. Beberapa pakaian mungkin membutuhkan perawatan lebih sebelum dicuci dalam mesin. 

Baca juga: Ketahui, Ini Suhu Air Terbaik Mencuci Pakaian Putih di Mesin Cuci

Misalnya, pakaian yang sangat kotor perlu direndam terlebih dahulu. Siklus pra-pencucian bisa digunakan untuk membantu menghilangkan noda yang membandel. 

Memilih siklus halus untuk menjaga kualitas pakaian

Jika masih ragu-ragu saat hendak memilih siklus pencucian, maka tak ada salahnya untuk memilih siklus halus. 

Siklus ini relatif aman untuk berbagai jenis pakaian karena bisa membantu menjaga kondisi benang. Jika ingin pakaian lebih lembut setelah dicuci, maka keringkan pakaian dengan mode rendah atau lembut, kemudian gantung di udara terbuka. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat