airtronicfirearms.com

6 Ide Ruang Keluarga yang Nyaman di Ruang Bawah Tanah

Ilustrasi ruang keluarga.
Lihat Foto

JAKARTA, - Ruang bawah tanah merupakan area di dalam rumah yang sering dilupakan. Ruangan bawah tanah biasanya hanya digunakan sebagai gudang untuk menyimpan barang-barang yang tidak digunakan. 

Padahal, ruang bawah tanah bisa dimanfaatkan sebagai ruangan tambahan yang membuat rumah lebih fungsional. Salah satu ruangan yang bisa dibuat di ruang bawah tanah yaitu ruang keluarga

Baca juga: Cara Mendekorasi Ruang Keluarga dengan Warna Krem

Ruang keluarga bisa dibuat dengan nyaman di area bawah tanah. Dilansir dari Hunker, Sabtu (4/5/2024), berikut ini ide ruang keluarga yang nyaman di ruang bawah tanah. 

Gunakan cat putih bersih

Ilustrasi ruang keluarga.Shutterstock/Procreators Ilustrasi ruang keluarga.

Salah satu cara agar ruang keluarga di ruang bawah tanah terasa lebih nyaman yaitu dengan menghias ruangan menggunakan cat putih bersih. 

Warna putih membuat ruangan terlihat lebih terang dan segar. Selain menggunakan warna putih, tambahkan juga warna aksen untuk memperindah tampilan ruang keluarga. 

Baca juga: 5 Warna Cat Terbaik untuk Ruang Keluarga Kecil agar Lebih Cerah

Gunakan furnitur dari periode yang berbeda

Selanjutnya, ide ruang keluarga di ruang bawah tanah yaitu menggunakan furnitur dari periode berbeda. Misalnya, memadukan furnitur modern dengan furnitur vintage. 

Selain itu, bisa juga dengan memadukan barang-barang daur ulang, aksen retro, dan wallpaper yang unik serta menarik. 

Bermain dengan pencahayaan, tekstur, dan warna

Pencahayaan, tekstur, dan warna yang tepat akan membuat tampilan ruang keluarga di area bawah tanah terasa lebih nyaman. 

Pilihlah skema warna netral agar tampilan ruang keluarga terlihat lebih cantik. Gunakan dinding bertekstur untuk memberikan sedikit karakter dan kehangatan di ruangan tersebut.

Baca juga: 5 Tren Desain Ruang Keluarga yang Akan Populer pada 2024

Tambahkan tempat tidur

Selain digunakan untuk berkumpul bersama keluarga, ruang keluarga juga bisa menjadi tempat istirahat. Maka dari itu, tak ada salahnya untuk menambahkan tempat tidur di ruang keluarga. 

Tempat tidur membuat ruang keluarga terasa lebih nyaman. Adanya tempat tidur membuat ruang keluarga bisa digunakan sebagai kamar tamu saat ada tamu yang bermalam. Tak perlu khawatir terkait privasi karena ruangan ini berada di bawah tanah, sehingga privasi lebih terjaga. 

Pajang karya seni di dinding

Ilustrasi karya seni di ruang keluarga.Unsplash/lotusdnp Ilustrasi karya seni di ruang keluarga.

Cara lain untuk membuat ruang keluarga di bawah tanah lebih menarik yaitu dengan memajang karya seni di dinding. 

Tambahkan lampu yang akan menyorot lukisan, patung, atau karya seni lain, sehingga karya seni lebih terlihat mencolok. Pertimbangkan untuk menggunakan pendekatan minimalis agar tampilannya tetap menarik, namun tidak berlebihan. 

Baca juga: 5 Cara Memilih Karya Seni Berdasarkan Ruangan

Letakkan tempat penyimpanan yang fungsional

Terakhir, ide ruang keluarga nyaman di ruang bawah tanah yaitu menambahkan tempat penyimpanan yang fungsional, seperti rak, lemari, atau sofa yang bagian bawahnya bisa digunakan untuk menyimpan barang. 

Dengan adanya tempat penyimpanan fungsional, maka ruang keluarga akan lebih rapi dan terorganisir, sehingga lebih nyaman saat digunakan. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat