airtronicfirearms.com

Hindari, Ini 7 Kesalahan Pencahayaan Ruangan yang Sering Dilakukan

Ilustrasi ruang keluarga.
Lihat Foto

JAKARTA, - Dalam mendekorasi ruangan, pencahayaan adalah sentuhan akhir yang mengubah ruang dari sekadar area fungsional menjadi zona kehangatan, kenyamanan, dan keindahan.

Menurut fungsinya, pencahayaan dibagi menjadi tiga jenis, yaitu pencahayaan ambient atau umum pencahayaan tugas, dan pencahayaan aksen. 

Baca juga: 6 Kesalahan Pencahayaan di Rumah yang Harus Dihindari

Pencahayaan ambient digunakan untuk menerangi ruangan secara menyeluruh, pencahayaan tugas untuk membantu aktivitas, seperti membaca dan bekerja, pencahayaan aksen untuk menyorot objek tertentu agar lebih menonjol, misalnya barang dekorasi di ruangan.

Meski berperan penting dalam desain interior dan kehidupan sehari-hari, pencahayaan sering kali diabaikan atau salah diterapkan. Akibatnya, dapat mengurangi suasana dan kegunaan ruangan.

Dilansir dari LifeBei, Sabtu (4/5/2024), berikut kesalahan pencahayaan ruangan yang sering dilakukan. 

Baca juga: Cara Meningkatkan Pencahayaan di Dapur

Pencahayaan tidak memadai

Ilustrasi ruang keluarga bergaya monokrom.Unsplash/lotusdnp Ilustrasi ruang keluarga bergaya monokrom.
Salah satu kesalahan pencahayaan ruangan yang paling umum adalah kurangnya cahaya di dalam ruangan.

Pencahayaan yang tidak memadai dapat membuat ruangan terasa suram, tidak menarik, dan sulit digunakan sebagaimana mestinya.

Untuk mencegah kesalahan pencahayaan ini, penting mempertimbangkan fungsi setiap ruangan dan menggabungkan beberapa lapisan sumber cahaya untuk menerangi ruangan secara memadai.

Misalnya, ruang tamu memerlukan pencahayaan ambient untuk kecerahan keseluruhan, pencahayaan tugas untuk membaca atau bekerja, dan pencahayaana aksen untuk menonjolkan karya seni atau fitur arsitektur.

Dengan menggunakan berbagai jenis pencahayaan secara strategis, Anda dapat memperoleh ruangan yang cukup terang dan memenuhi semua kebutuhan. 

Baca juga: 5 Ide Pencahayaan Luar Ruangan, Bikin Rumah Lebih Hangat dan Nyaman

Hanya menggunakan pencahayaan di atas kepala (overhead) 

Selajutnya, kesalahan pencahayaan ruangan yang sering dilakukan adalah hanya mmengandalkan pencahayaan di atas kepala (overhead) untuk menerangi ruangan.

Meski lampu di atas kepala diperlukan untuk penerangan sekitar, lampu ini dapat menimbulkan silau yang tidak menarik dan tajam jika digunakan sendiri.

Sebaliknya, gunakan berbagai jenis pencahayaan, seperti lampu meja atau sconce, untuk menciptakan suasana lebih nyaman serta seimbang. 

Baca juga: 6 Ide Pencahayaan di Kamar Mandi yang Cantik dan Fungsional

Menggunakan lampu  terlalu terang 

Ilustrasi tanaman hias di ruang tamuShutterstock/Ground Picture Ilustrasi tanaman hias di ruang tamu
Penting mencapai keseimbangan antara pencahayaan yang cukup dan pencahayaan terlalu terang.

Cahaya yang terlalu terang dapat membuat mata lelah, menciptakan bayangan yang tajam, dan menyulitkan bersantai di suatu ruangan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat