airtronicfirearms.com

Catat, Ini Tanaman yang Tidak Boleh Ditanam Berdampingan

Ilustrasi tanaman bawang putih.
Lihat Foto

JAKARTA, - Menanam berbagai jenis tanaman di pekarangan rumah memang menyenangkan. Tanaman yang tumbuh subur akan membuat suasana rumah lebih asri dan segar. 

Meski demikian, perlu diketahui bahwa tidak semua jenis tanaman boleh ditanam bersama. Lantas, apa saja tanaman yang tidak boleh ditanam berdampingan?

Dikutip dari Real Simple, Sabtu (4/5/2024), simak penjelasan selengkapnya berikut ini.

Baca juga: 7 Tanaman Ini Tidak Boleh Ditanam Berdampingan di Kebun, Ini Alasannya

Tanaman yang tahan kering dengan tanaman yang menyukai kelembapan

Ilustrasi bunga gardenia atau kacapiringUnsplash/Xu Jiebing Ilustrasi bunga gardenia atau kacapiring

Ada beberapa tanaman yang tahan terhadap kondisi kering, namun ada juga tanaman yang lebih menyukai kondisi lembap. Kedua jenis tanaman ini tidak bisa ditanam bersamaan. 

Bliss Bendal, ahli hortikultura, mengatakan bahwa menanam tanaman tahan kering di samping tanaman yang menyukai kelembapan bisa menyebabkan busuk akar pada tanaman tahan kering. 

Jadi, sebaiknya tempatkan kedua jenis tanaman ini sejauh mungkin agar tidak mengganggu satu sama lain. 

Baca juga: 7 Cara Menanam Kacang Hijau di Lahan Kering

Tanaman gardenia dengan tanaman apapun

Bendal juga mengatakan sebaiknya menghindari menanam gardenia di samping tanaman lain. Meskipun bunganya cantik, namun saat terkena patogen penyebab penyakit, seluruh bunganya akan mati. 

Oleh karena itu, sebaiknya gardenia tidak ditanam berdampingan dengan tanaman lain karena berisiko menularkan penyakit ke tanaman lain. 

Bawang putih dengan sayuran lain

Selanjutnya, bawang putih dan sayuran lain juga termasuk tanaman yang tidak boleh ditanam berdampingan. Bendal menjelaskan bahwa bawang putih memiliki kemampuan menumpuk belerang di dalam tanah. 

Berelang yang terlalu banyak bisa menghambat pertumbuhan kacang-kacangan, buncis, kacang polong, dan sayuran daun. Bawang putih sebaiknya ditanam di satu lahan saja atau hanya ditanam bersama tanaman yang toleran terhadap belerang. 

Baca juga: Cara Menanam Bawang Putih di Dalam Ruangan, Hemat Pengeluaran

Mawar knockout dan annabelle hydrangea

Mawar knockout dan annabelle hydrangea merupakan dua tanaman yang cantik. Namun, dua tanaman ini tidak boleh ditanam berdampingan. 

Sebab, tanaman mawar memerlukan sinar matahari penuh, sedangkan sebagian besar tanaman hydrangea lebih menyukai tempat teduh. 

Selain itu, mawar dan hydrangea termasuk tanaman semak, sehingga kedua tanaman ini akan bersaing satu sama lain jika ditanam berdampingan. 

Tomat dan kentang

Ilustrasi tanaman tomat.Shutterstock/Medvedeva Oxana Ilustrasi tanaman tomat.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat