airtronicfirearms.com

Cara Membersihkan Bagian Luar Rumah dengan Mudah

ilustrasi membersihkan bagian luar rumah
Lihat Foto

JAKARTA, - Membersihkan rumah jangan hanya dilakukan di dalam rumah. Area luar rumah juga perlu rutin dibersihkan. 

Dengan rutin membersihkan area luar rumah, maka rumah tetap perlu dilakukan agar rumah terasa lebih nyaman. Tak hanya itu, eksterior rumah yang bersih dan rapi juga membuat rumah terlihat menarik. 

Baca juga: 5 Cara Meningkatkan Tampilan Eksterior Rumah

Cara membersihkan bagian luar rumah tidak sulit dan bisa dilakukan dalam waktu singkat. Dikutip dari Today’s Home Owner, Sabtu (4/5/2024), berikut cara membersihkan bagian luar rumah dengan mudah. 

Membersihkan jamur dan lumut di dinding luar rumah

Ilustrasi membersihkan dinding berjamurSHUTTERSTOCK/ANDREY_POPOV Ilustrasi membersihkan dinding berjamur

Jamur dan lumut yang tumbuh di dinding luar rumah membuat tampilan rumah kurang menarik. Selain itu, jamur dan lumut juga bisa merusak dinding. 

Maka dari itu, penting untuk rutin membersihkan jamur dan lumut. Caranya bisa dengan bahan pembersih khusus untuk membersihkan jamur dan lumut. 

Baca juga: 4 Cara Membersihkan Dinding Putih Kembali Berkilau

Selain di dinding, lumut dan jamur di bagian lain seperti pagar, dek, dan atap rumah juga perlu dibersihkan. 

Bersihkan jendela

Cara membersihkan bagian luar rumah selanjutnya yaitu membersihkan jendela. Bagian ini biasanya terlihat kotor akibat debu dan cipratan air hujan. 

Cara membersihkan jendela luar rumah bisa menggunakan larutan air hangat dan cuka dengan perbandingan sama. Lalu, gunakan koran yang digulung untuk menyeka kaca jendela. 

Lakukan secara perlahan agar tidak ada goresan atau residu koran yang tertinggal. Bersihkan semua bagian jendela agar tampilan jendela kaca terlihat kinclong. 

Baca juga: Cara Membersihkan Jendela agar Kembali Kinclong dan Bebas Goresan

Lap perlengkapan lampu luar ruangan

Lampu juga termasuk perlengkapan luar ruangan yang perlu dibersihkan dengan rutin karena biasanya terdapat tumpukan debu yang mengganggu estetika. 

Bersihkan debu yang menempel di lampu menggunakan kuas. Setelah debu hilang, bersihkan kap lampu menggunakan bahan pembersih kaca, kemudian lap secara perlahan sampai semua bagian lampu bersih. 

Bersihkan kotoran di furnitur luar ruangan

Di teras rumah biasanya terdapat furnitur luar ruangan. Bagian ini juga perlu rutin dibersihkan agar teras tetap terasa nyaman. 

Ilustrasi taman, ilustrasi furnitur luar ruangan.Shutterstock/Antonioxs56 Ilustrasi taman, ilustrasi furnitur luar ruangan.

Bersihkan furnitur dengan air dan gosok menggunakan sikat lembut atau spons sampai semua nodanya hilang. Selanjutnya, bilas dan keringkan furnitur sebelum digunakan kembali. 

Baca juga: 6 Tips Menjaga Furnitur Luar Ruangan Agar Tetap Awet

Buang sarang laba-laba

Di bagian atap atau pagar biasanya terdapat sarang laba-laba. Jika tidak dibersihkan sarang laba-laba akan semakin banyak yang membuat tampilan rumah menjadi kurang menarik. 

Untuk membersihkan sarang laba-laba bisa menggunakan kain pel mikrofiber atau kepala sikat berbulu lembut. Gunakan alat tersebut untuk menyapu sarang laba-laba.

Nah, itulah beberapa cara membersihkan bagian luar rumah. Lakukan kegiatan perawatan eksterior rumah dengan rutin agar tampilan hunian lebih rapi dan menarik. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat