airtronicfirearms.com

Cara Membersihkan Sol Sepatu agar Tidak Bau

Ilustrasi membersihkan sepatu putih.
Lihat Foto

JAKARTA, - Sepatu bisa menimbulkan bau menyengat seiring dengan bertambahnya masa pakai. Namun, bau ini tidak selalu berasal dari sepatu itu sendiri, bau tak sedap juga bisa berasal dari sol di dalam sepatu. 

Sol dalam adalah bagian empuk di dalam sepatu yang menjadi tempat kaki bertumpu. Semakin sering sepatu digunakan, maka semakin banyak kotoran yang menumpuk dan berisiko menyebabkan bau tak sedap. 

Baca juga: Cara Membersihkan Sol Sepatu Kuning dengan Sabun Cuci Piring dan Odol

Maka dari itu, saat mencuci sepatu, jangan lupa untuk membersihkan sol dalam sepatu. Dikutip dari The Spruce, Minggu (5/5/2024), berikut ini cara membersihkan sol sepatu dengan mudah. 

Cara melepaskan sol sepatu

ilustrasi melepaskan sol sepatuShutterstock/Studio Romantic ilustrasi melepaskan sol sepatu

Untuk membersihkan sol sepatu secara menyeluruh, maka sol tersebut perlu dilepaskan terlebih dahulu. Beberapa sepatu biasanya dilengkapi dengan sol yang mudah dilepas, sehingga melepaskannya cukup mudah. 

Namun, untuk sol sudah direkatkan, berikut beberapa metode melepaskan sol sepatu dengan mudah.

Baca juga: Cara Membersihkan Sepatu Putih agar Tidak Menguning

  • Jika sepatu memiliki tali, lepaskan talinya terlebih dahulu. 
  • Selanjutnya, ambil pengering rambut dan ubah ke pengaturan tinggi. 
  • Berikutnya, arahkan alat pengering rambut ke sepanjang sol dalam selama beberapa menit. Panas dari pengering rambut akan melunakkan dan melelehkan lem yang menempel pada sol. 
  • Lepaskan perlahan dan angkat sol dalam. 
  • Untuk merekatkan kembali dol dalam ke sepatu, gunakan pengering rambut untuk memanaskan kembali lem yang sudah dingin dan pasang kembali sol sepatu tersebut. Tekan ke bawah untuk memastikan sol terpasang dengan kencang. 

Baca juga: 7 Cara Membersihkan Sepatu Boots Kulit dan Membuatnya Tampak Baru

Cara membersihkan sol sepatu di wastafel 

Salah satu cara termudah untuk membersihkan sol sepatu yaitu membersihkannya di dalam wastafel. Setelah sol sepatu terlepas dari sepatu, gosok perlahan sol sepatu dengan sikat. 

Di dalam wastafel, tambahkan air dan dua sampai tiga sendok makan sabun cuci piring. Lalu, rendam sol sepatu di dalam larutan sabun selama lima menit. 

Berikutnya, gosok lagi bagian dalam sol menggunakan sikat. Gunakan gerakan melingkar untuk membersihkan area rumit dan jari-hari. 

Setelah noda terangkat, bilas sol dengan air mengalir. Tepuk-tepuk sampai kering dengan serbet atau tisu bersih. 

Lalu, biarkan sol sepatu kering. Setelah kering, pasang kembali sol ke dalam sepatu dengan benar agar sepatu kembali nyaman saat digunakan. 

Baca juga: Cara Membersihkan Sepatu Putih Kanvas dan Kulit

Cara membersihkan sol sepatu dengan cuka

Ilustrasi membersihkan sepatuShutterstock Ilustrasi membersihkan sepatu

Selain membersihkan menggunakan sabun cuci piring, sol sepatu juga bisa dibersihkan menggunakan cuka. 

Sol sepatu yang sudah dilepas, perlu dibersihkan terlebih dahulu menggunakan sikat gigi bekas untuk menghilangkan debu dan kotoran kering di permukaan sol. 

Setelah itu, siapkan larutan pembersih dari air panas dan cuka di dalam wastafel atau ember. Lalu, rendam sol sepatu di dalam larutan pembersih tersebut selama tiga jam atau tergantung banyaknya sol sepatu yang dibersihkan. 

Tambahkan sedikit sabun cuci piring ke sikat scrub, kemudian gosok sol hingga noda hilang. Bilas sol sepatu dengan air dingin mengalir untuk menghilangkan sisa bahan pembersih. Biarkan sol sepatu mengering dan pasang kembali seperti semula. 

Baca juga: Cara Membersihkan Sepatu Putih Berdasarkan Material

Cara membersihkan sol sepatu dengan alkohol gosok dan soda kue

Jika sol sepatu tidak mudah dilepas, maka cara membersihkannya bisa menggunakan alkohol gosok. Sebelum digunakan untuk membersihkan sol sepatu, alkohol gosok perlu dicampurkan dalam air dengan perbandingan yang sama. 

Pastikan campuran tersebut homogen, kemudian semprotkan larutan pembersih tersebut ke dalam sepatu. Lalu, taburkan soda kue ke bagian dalam sol dan diamkan semalaman. 

Gunakan penyedot debu atau sikat untuk membersihkan sisa soda kue dan sepatu sudah kembali bersih dan bebas dari bau tak sedap. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat