airtronicfirearms.com

6 Benda yang Dapat Dibersihkan dengan Minyak Zaitun

Ilustrasi minyak kelapa, virgin coconut oil (VCO). Beberapa minyak menawarkan manfaat untuk merawat kecantikan kulit, seperti minyak kelapa, minyak zaitun, dan minyak biji bunga matahari.
Lihat Foto

JAKARTA, - Minyak zaitun sering digunakan sebagai alternatif dari minyak sawit lantaran rendah lemak jahat dan lebih sehat.

Tak hanya itu, minyak zaitun juga kerap digunakan sebagai bahan pembersih untuk membersihkan dan membuat beberapa peralatan rumah tangga tampak lebih kinclong serta menghilangkan kotoran di rumah.

Dilansir dari Southern Living, Minggu (5/5/2024), berikut beberapa benda yang dapat dibersihkan dengan minyak zaitun

Baca juga: 5 Benda yang Bisa Dibersihkan Menggunakan Minyak Zaitun

Stainless steel

Ilustrasi peralatan masak stainless steel.Shutterstock/mirageart Ilustrasi peralatan masak stainless steel.
Ryan Knoll dari Tidy Casa--layanan kebersihan dan tata graha rumah asal Amerika Serikat (AS)-- menjelaskan minyak zaitun dapat digunakan untuk menghilangkan noda sidik jari pada peralatan logam stainless steel atau antikarat,

Caranya, oleskan sedikit minyak zaitun pada tisu, lalu diseka pada noda yang ada pada peralatan stainless steel

Baca juga: 9 Manfaat Minyak Zaitun untuk Keperluan Rumah Tangga

Barang yang terkena kotoran 

Selanjutnya, benda yang dapat dibersihkan dengan minyak zaitun adalah membersihkan barang yang terkena kotoran. 

Gambini dari Texas Hill Country Olive Oil--perusahaan yang memproduksi olahan minyak zaitun asal Texas, AS, mengatakan minyak zaitun dapat digunakan untuk menghilangkan zat dan kotoran pada benda yang sulit dihilangkan.

"Sedikit minyak zaitun dapat menghilangkan cat dari kulit, menghilangkan riasan, bahkan menghilangkan stiker pada benda,” terangnya. 

Baca juga: Bolehkah Menyimpan Minyak Zaitun di Kulkas?

Wastafel 

ilustrasi membersihkan wastafel porselenShutterstock/BK foto ilustrasi membersihkan wastafel porselen
Seiring berjalannya waktu, wastafel dapat kehilangan kilaunya, menjadi kusam, serta terkena berbagai noda. Untungnya, minyak zaitun dapat mengatasi masalah ini. 

Menurut Rocky Vuong, pendiri Calibre Cleaning--salah satu perusahaan yang menawarkan jasa pembersihan ruangan profesional asal Melbourne--minyak zaitun dapat membuat wastafel kembali berkilau.

Caranya, gunakan handuk mikrofiber yang dibasahi dengan campuran air perasan lemon dan minyak zaitun. Kemudian gunakan larutan untuk membersihkan permukaan dengan gerakan memutar, lalu bilas hingga bersih dengan air bersih.

Minyak zaitun dapat menghilangkan kotoran, sementara air lemon berfungsi sebagai disinfektan alami. 

Baca juga: 7 Manfaat Minyak Zaitun untuk Tanaman, Basmi Hama dan Bersihkan Daun

Bekas coretan krayon 

Masalah coretan krayon sering dialami oleh rumah yang memiliki anak kecil. Untuk melawan noda ini, Vuong menyarankan mencelupkan bola kapas ke dalam minyak zaitun dan oleskan dengan lembut pada bekas krayon. 

Minyak akan memecah lilin krayon sehingga mudah dihilangkan dengan kain lembap. Untuk coretan yang banyak dan tebal, mungkin perlu dilakukan pengulangan pada prosesnya.

Lem stiker pada pakaian 

Jika gemar berbelanja pakaian di toko barang bekas atau pecinta pakaian vintage, Anda mungkin perlu melepas stiker yang lengket.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat