airtronicfirearms.com

Cara Membersihkan Sedotan Stainless Steel dengan Benar

ilustrasi sedotan stainless steel
Lihat Foto

JAKARTA, - Sedotan stainless steel adalah jenis sedotan yang bisa digunakan berulang kali. Maka dari itu, sedotan ini lebih ramah lingkungan. 

Namun, karena dapat digunakan berulang kali, sedotan stainless steel perlu dibersihkan setelah digunakan. Sedotan stainless steel harus dibersihkan dengan benar agar tidak meninggalkan kotoran dan bakteri yang berbahaya bagi kesehatan. 

Baca juga: Cara Membersihkan Sedotan Reusable, dari Stainless Steel hingga Bambu

Cara membersihkan sedotan stainless steel tidaklah sulit. Dikutip dari W & P dan Green Steel, Minggu (5/5/2024), berikut cara membersihkan sedotan stainless steel dengan mudah. 

Mencuci menggunakan air panas dan sabun

ilustrasi mencuci sedotan stainless steelShutterstock/SOORACHET KHEAWHOM ilustrasi mencuci sedotan stainless steel

Sedotan stainless steel bisa dibersihkan menggunakan air panas dan sabun. Gunakan sikat tipis atau pembersih pipa untuk menghilangkan residu atau penumpukan kotoran di dalam sedotan. 

Setelah semua bagian bersih, bilas dengan air panas dan biarkan sedotan kering sebelum digunakan kembali. 

Baca juga: Cara Mencuci Botol Bayi dengan Benar

Membersihkan menggunakan cuka putih

Selanjutnya, cara membersihkan sedotan stainless steel yaitu menggunakan cuka putih. Bahan alami ini bisa digunakan apabila terdapat noda atau perubahan warna pada sedotan stainless steel

Campurkan cuka putih dan air dengan perbandingan yang sama. Setelah itu, rendam sedotan stainless steel ke dalam larutan tersebut selama beberapa jam. 

Apabila semua noda sudah terangkat, maka sedotan stainless steel bisa dibilas menggunakan air panas dan dibiarkan mengering dengan sendirinya. 

Baca juga: Pisau, Sendok, dan Garpu Berkarat? Ini Penyebab dan Solusinya

Bersihkan pakai soda kue

Selain menggunakan cuka, sedotan stainless steel juga bisa dibersihkan menggunakan soda kue. Bahan alami ini cukup efektif untuk menghilangkan noda pada bahan stainless steel

Cara membersihkan sedotan stainless steel menggunakan soda kue diawali dengan mencampurkan soda kue dengan air panas. 

Lalu, rendam sedotan stainless steel dalam larutan soda kue selama beberapa jam. Bilas sedotan dengan air panas dan biarkan kering. 

Bisakah membersihkan sedotan stainless steel di mesin pencuci piring?

ilustrasi sedotan stainless steelShutterstock/Olegatron ilustrasi sedotan stainless steel

Jika memiliki mesin pencuci piring, maka sedotan stainless steel bisa dibersihkan menggunakan mesin pencuci piring. 

Namun, lebih baik membersihkan sedotan stainless steel menggunakan tangan. Sebab, mesin pencuci piring hanya berfungsi dengan baik untuk membersihkan bagian luar. 

Baca juga: Cara Membersihkan Sendok Kayu yang Kusam agar Tampak Baru

Mesin cuci piring tidak bisa membersihkan hingga ke bagian dalam sedotan stainless steel, terutama jika sedotan berbentuk bengkok. 

Jika ingin membersihkan sedotan menggunakan mesin pencuci piring, sebaiknya bersihkan sedotan menggunakan sikat terlebih dahulu. 

Lalu, letakkan sedotan stainless steel di bagian keranjang perkakas mesin pencuci piring dan jalankan seperti biasa. Setelah siklus pencucian selesai, keluarkan sedotan dan biarkan kering sebelum disimpan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat